Nostalgia, Facebook Tampilkan Status Lawas


Pernahkah Anda iseng-iseng menelusuri update status lama di Facebook sekadar untuk bernostalgia? Facebook menyediakan fitur khusus untuk melakukannya.

Ya, raksasa jejaring sosial itu mulai menguji coba fitur baru yang bisa menampilkan update status yang pernah Anda posting sekitar satu atau dua tahun lalu. Namun seperti biasanya, ketersediaan fitur yang baru diperkenalkan masih terbatas. Artinya, untuk saat ini belum semua pengguna Facebook menemukan fitur ini pada akun mereka.

Bagi yang sudah tersedia, seperti dikutip dari Mashable, fitur tersebut akan muncul pada kotak kecil di kolom sebelah kanan di atas iklan. Kotak tersebut akan diberi judul 'On This Day in 2010' atau 'On This Day in 2009'. Namun kotak ini umumnya muncul ketika melakukan browsing foto.

Pengguna juga bisa mengklik 'Show More' untuk melihat lebih banyak update status lama, jika pengguna melakukan beberapa kali update status pada hari 'bersejarah' tersebut.

Sebagai catatan, fitur tersebut memulai nostalgia di tahun 2009. Kemungkinan besar dikarenakan pada tahun sebelumnya, situs besutan Mark Zuckerberg ini belum memiliki banyak pengguna.

Fitur ini mulai diuji secara terbatas pada 11 Agustus. Selanjutnya, mulai banyak pengguna yang menyadari kehadirannya dan mulai mencobanya. Ini sebenarnya bukan pertamakalinya Facebook membantu pengguna menemukan aktivitas lampau mereka. Sebelumnya pernah hadir juga fitur yang menampilkan foto-foto lama.

Belum diketahui apakah fitur ini dibuat Facebook sekedar untuk fun atau memang untuk tujuan tertentu. Yang jelas, Facebook tampaknya ingin mengingatkan para penggunanya bahwa mereka telah menghabiskan banyak momen berharga menggunakan Facebook, sehingga tak mudah melupakannya dan beralih ke sesuatu yang baru.


0 komentar:

Posting Komentar